Tips Membeli Mesin Jahit Bekas

Tips Membeli Mesin Jahit Bekas

Tips Membeli Mesin Jahit Bekas yang baik

Bagi Anda yang baru mulai belajar menjahit atau ingin membuka usaha di bidang jahit menjahit namun terkendala modal yang terbatas, mungkin Anda kemudian berpikir untuk membeli mesin jahit butterfly bekas. Namun bagaimana cara memilih mesin yang berkualitas dan tidak beresiko mudah rusak? Setidaknya, Anda harus memperhatikan beberapa tips dan juga ciri mesin jahit yang berkualitas meskipun bekas.

Tips Membeli Mesin Jahit Bekas

Tips Membeli Mesin Jahit Bekas

Banyak toko mesin jahit dibekasi yang kini menjual mesin jahit bekas. Anda sebagai calon pembeli harus jeli memilih mana mesin jahit yang masih bagus kondisinya, daripada nantinya justru rusak setelah dibeli. Jadi pastikan sebelum membeli, Anda mengerti dulu bagaimana tips mencari mesin jahit yang masih bagus meskipun sudah bekas berikut ini:

1. Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama saat akan membeli mesin jahit adalah memilih tipe sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin memiliki mesin jahit hanya untuk menambal atau mengecilkan baju, ada baiknya Anda membeli mesin jahit biasa yang hanya berfungsi menjahit lurus saja. Namun jika Anda butuh untuk keperluan usaha konveksi, Anda bisa membeli mesin dengan 8-22 fungsi jahitan agar lebih efisien.

2. Beli Mesin Jahit Portable

Mesin jahit portable adalah adalah mesin jahit yang bisa diletakkan tanpa perlu meja jahit dan umumnya menggunakan tenaga dinamo listrik. Mesin ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dan akan mengembangkan hobi menjahit karena tidak perlu repot-repot belajar cara menggerakkan pedal manual. Jadi tak ada salahnya Anda membeli mesin jahit portable bekas.

3. Kenali Fitur yang Ada

Berbeda tipe mesin jahit, maka akan berbeda pula fitur yang tersedia. Ada mesin jahit yang hanya bisa menjahit 1 fungsi, namun ada juga yang bisa 8 bahkan sampai 32 fungsi jahitan dan juga membuat lubang kancing. Ada yang dilengkapi dengan lampu penerangan, pedal dinamo, dan fitur-fitur lain. Semakin tinggi fitur yang dimiliki, biasanya harganya juga akan semakin mahal.

4. Pilih yang Spareparts-nya Mudah Dicari

Pilihlah mesin jahit yang spareparts-nya mudah dicari di pasaran. Jadi ketika ada bagian mesin jahit Anda yang rusak, Anda bisa dengan mudah mengganti part-nya. Khusus untuk mesin bekas, pasti akan ada beberapa part yang di kemudian hari harus diganti karena rusak.

Pastikan Anda mengecek kondisi mesin jahit bekas dengan baik sebelum membelinya. Tak ada salahnya pula menanyakan berapa umur mesin jahit tersebut kepada si penjual.