Sekilas Perkembangan Band Indie

sekilas perkembangan band indie

Sebelumnya sudahkah kalian mengetahui apa pengertian musik band indie? Jika kalian salah satu penikmatnya, maka hanya mendengarkan musiknya tidaklah cukup jika tidak mengetahui perkembangan band indie ini. Berikut sekilas perkembangan jalan musik band indie.

Perkembangan Band Indie
Pada th. 1980, tangga lagu musik indie pertama kali muncul di majalah Record Week sebelum rubah ke harian Sounds. Banyak band indie yang terasa muncul kala itu, layaknya The Smith dan Joy Division.

Memasuki masa th. 1990-an, Nirvana dan Radiohead yang berkibar di bawah bendera label indie ikut menyebarkan “virus indie” ke semua dunia. Bahkan, Radiohead sempat merilis album bersama proses pembayaran secara sukarela.

Masyarakat Indonesia lebih dahulu mengenal arti underground lebih kurang th. 1970-an ketimbang indie. God Bless adalah keliru satu band yang mendeklarasikan bahwa mereka adalah band underground pada masa itu.

Jalur indie terasa dikenal sejak PAS Band merilis album For Through The Sap (1993) secara berdiri sendiri tentunya. Album selanjutnya ternyata terjual habis sebanyak 5,000 kopi. Keberhasilan di jalan indie yang PAS Band tuai lantas menjadi gagasan bagi musisi lainnya.

Ada pula band Mocca yang berhasil menjajakan album My Diary (2002) di atas angka 300,000 kopi diikuti penghargaan Best Video Clip of The Year untuk klip Me & My Boyfriend (2003) berasal dari MTV Indonesia. Pencapaian yang lumayan spektakuler untuk sebuah band indie dalam negeri kala itu.

Memasuki masa 2000-an, semakin banyak musisi indie yang suaranya terasa terdengar berasal dari satu panggung ke panggung lainnya, baik dalam format band, grup atau solo. Kini, tampaknya telah Indonesia mempunyai ratusan atau kemungkinan ribuan band indie—belum tersedia information lengkap berkenaan hal ini.

Di pada ratusan atau ribuan musisi indie tersebut, tersedia segelintir nama-nama yang berhasil memperdengarkan musiknya hingga ke kancah internasional. Berikut adalah 15 musisi indie Indonesia yang mempunyai prestasi.

Sumber: alatmusik.net