Milenial Sulit Punya Rumah? Kira-kira Kenapa Ya?

millenial

Beberapa waktu yang lalu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachmatawarta mengungkapkan alasan mengapa generasi milenial saat ini kesulitan untuk memiliki rumah sendiri. Menurut Isa, salah satu penyebab utamanya adalah gaya hidup para milenial. Menurutnya, milenial saat ini lebih suka menghabiskan uangnya untuk pemenuhan gaya hidup sesaat dan merasakan hal-hal baru, seperti ngopi dan travelling.

Hal tersebut kemudian diamini oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berpesan kepada kaum milenial agar tidak banyak membelanjakan uangnya untuk membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting. Hal ini dimaksudkan agar para milenial dapat menyisihkan sebagian penghasilannya untuk keperluan investasi masa depan.

Apabila merujuk pada pernyataan dari kedua tokoh di atas, sebenarnya milenial masih memiliki peluang untuk bisa memiliki rumah sendiri atau mungkin minimal apartemen. Salah satu syaratnya adalah merubah kebiasaan gaya hidup yang terlalu boros. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan para milenial untuk bisa memiliki rumah sendiri.

Setelah merubah kebiasaan dan gaya hidup yang boros dan konsumtif, milenial kemudian dapat mengikuti program KPR. Ada banyak program KPR yang ditawarkan bank-bank di Indonesia untuk para milenial. Salah satunya adalah BTN yang  memberikan kemudahan untuk kaum milenial melalui program KPR Gaess. Dengan program tersebut, milenial dapat memiliki rumah dengan uang muka yang rendah, minimal 1 persen dari harga rumah atau apartemen.

Setelah mengikuti program KPR, milenial dapat menjalankan strategi kedua, yaitu mencari perumahan yang menawarkan program rumah murah untuk milenial. Tidak sulit untuk menemukannya, asal milenial tidak menetapkan syarat yang muluk-muluk untuk kriteria rumah mereka. Sebagai contoh perumahan Summarecon Serpong di Gading Serpong, Tangerang. Proyek perumahan milik developer Summarecon ini menawarkan program rumah murah dibawah 1 M melalui cluster terbaru mereka, Martinez.

Selain Summarecon, adapun perumahan Paramount Serpong yang lokasinya juga masih di sekitaran Gading Serpong yang menawarkan program rumah murah untuk milenial. Perumahan milik developer Paramount Land ini bahkan menawarkan dua cluster perumahan untuk program rumah murah ini. Adalah Padova @Milano Village dan Corral @Malibu Village yang dibanderol dengan harga 700 juta-an.

Dengan harga dibawah 1 M dan berlokasi di kawasan prestisius Gading Serpong, Anda para milenial tentu tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini bukan? Oleh karenanya coba jalankan saran yang diberikan oleh Ibu Menteri di atas untuk merubah gaya hidup Anda sehingga impian Anda untuk memiliki rumah sendiri bisa Anda realisasikan.