10 TIPS UNTUK MENGHINDARI JEBAKAN DALAM BELANJA ONLINE DARI CHINA

Belanja online disambut untuk kenyamanan dan keekonomisannya. Sistem pengiriman internasional yang berkembang dengan baik memungkinkan orang untuk membeli sesuatu dari negara lain. Banyak pembeli online membeli dari China karena mereka percaya barang-barang buatan China murah dan berkualitas tinggi. Namun, beberapa orang masih skeptis terhadap belanja online percaya bahwa mereka lebih mungkin dimanfaatkan secara online daripada di toko. Sebenarnya, jika Anda terbiasa dengan penipuan online dan tahu cara menghadapinya, Anda masih bisa mendapat manfaat dari cara berbelanja yang populer ini. Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda menghindari kemungkinan jebakan yang mungkin Anda temui saat melakukan pembelian dari pemasok online Cina.

  1. Pilih situs belanja yang dapat diandalkan

Situs yang memenuhi syarat biasanya memiliki layanan pelanggan yang baik dan kualitas barang dapat dijamin. Pembeli menikmati pembelian yang cepat, aman dan lancar. Namun, dalam beberapa kasus, pembeli melaporkan bahwa situs web menghilang segera setelah mereka membayar. Jadi, kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum Anda membayar.

  1. Curigalah pada barang murah atau diskon

Tanda penjualan atau diskon menarik, dan kita semua ingin membeli barang-barang murah dan bagus. Namun, seperti kata pepatah Tiongkok, “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar”, diskon selalu menunjukkan kualitas buruk, kekurangan, atau kekurangan lainnya. Jangan terlalu terombang-ambing oleh harga rendah. Bacalah dengan seksama! Contoh khas adalah seorang pria yang membeli ponsel online, tetapi hanya menerima model ponsel. Dia menyadari bahwa dia tertarik oleh “Diskon” merah besar tetapi mengabaikan “model” kecil di iklan.

  1. Jadilah pembeli rasional dan belilah barang yang benar-benar kamu butuhkan saja

Banyak pembeli akan menemukan barang terkait atau paket saat membeli barang. Misalnya, Anda akan membeli pakaian renang tetapi memesan pakaian renang, kacamata renang dan topi dengan harga “paket”. Sebenarnya, Anda sudah memiliki sepasang kacamata dan topi, dan sekarang Anda memiliki masing-masing dua gelas.

  1. Lindungi informasi pribadi

Jangan mengklik situs atau tautan asing di email aneh, yang akan mengarah ke situs palsu atau phising. Setelah Anda memulai pembelian di situs-situs ini, informasi pribadi Anda, termasuk nama Anda, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, nomor kartu kredit, dan kata sandi, akan dicuri.

  1. Cek ulang aplikasi belanja di HPmu

Semakin banyak orang melakukan pembelian dari ponsel pintar mereka. Tetapi beberapa aplikasi belanja memerlukan akses ke informasi pengguna, seperti daftar kontak, pesan, catatan panggilan, dan kata sandi, yang kemudian dapat mereka berikan kepada penipu yang tidak bermoral. Pilih aplikasi yang memerlukan izin lebih sedikit atau batasi izin akses aplikasi di ponsel Anda.

  1. Negosiasi dengan suppliermu sebelum membayar

Terlepas dari warna, gaya, dan ukuran, perlu juga untuk mengkonfirmasi metode pengiriman dengan pemasok Anda, terutama ketika Anda melakukan pembelian internasional. Anda harus memperjelas apakah harga tersebut mencakup biaya pengiriman. Jika penjual menawarkan pengiriman gratis, apa metode pengirimannya, melalui SURFACE, SAL atau AIR mail? Sebagian besar pemasok Cina akan memilih layanan Pos Cina termurah untuk barang-barang pengiriman gratis, dan akan memakan waktu selama 2 bulan untuk sebuah paket mencapai tujuannya.

  1. Bayar menggunakan kartu kredit melalui alat pembayaran yang handal

Toko online yang sah menerima kartu kredit dan alat pembayaran pihak ketiga. Jika penjual tidak menerima kartu kredit atau meminta Anda membayar melalui transfer, hentikan pembelian. Jika Anda membayar dengan kartu hutang (ATM) atau uang kawat dan ada yang tidak beres, tidak ada cara untuk mendapatkan uang Anda kembali. Pihak ketiga menjamin bahwa Anda benar-benar membayar setelah menerima barang; jika Anda tidak menerima barang, bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda dapat membantu Anda mendapatkan kembali uang Anda.

  1. Jangan coba-coba mengambil resiko!

Kami telah menerima keluhan tentang penipuan belanja online. Misalnya, pembeli membeli laptop yang sangat murah dari pemasok online Cina. Dia membayar dengan kartu utangnya tetapi tidak menerima laptop. Dia menghubungi pemasok dan diberitahu bahwa dia tidak membayar pajak pertama kali, jadi dia dengan enggan mentransfer pajak ke pemasok, berharap untuk menerima laptop. Namun, beberapa hari kemudian, pemasok memberi tahu dia bahwa bingkisannya ada di pabean dan dia perlu melakukan pembayaran lagi untuk membiarkan bingkisannya meninggalkan bea cukai. Dia tidak pernah menerima laptop dan pemasoknya menghilang. Jadi, jangan mengambil risiko. Hentikan pembelian jika Anda curiga ada sesuatu yang salah, atau Anda dapat kehilangan lebih banyak uang.

  1. Cek kartu kreditmu secara rutin

Ini sangat penting bagi mereka yang melakukan banyak belanja online. Periksa rekening kartu kredit Anda secara teratur untuk melihat apakah ada pembayaran tidak normal dan jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan segera beri tahu perusahaan kartu kredit Anda!

  1. Simpan catatan dari semua pembelian

Simpan catatan obrolan, email, atau pesan yang Anda terima dari pemasok. Baik kata-kata dan tangkapan layar bisa menjadi bukti yang berguna jika pemasok tidak menepati janjinya.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi jasa order Taobao