Mengenal Beberapa Macam Alat Bantu Pernapasan

Macam alat bantu pernapasan cukup banyak, baik itu yang berfungsi secara langsung ataupun tidak langsung. Yang tidak langsung conohnya adalah masker, alat ini berfungsi untuk melindungi diri dari kemungkinan gangguan penyakit nafas. Nah, apa saja sih alat bantu pernafasan secara langsung ? Kita akan membahas sedikit mengenai itu di dalam artikel ini.

Alat bantu pernapasan umumnya bisa kita lihat di rumah sakit dan klinik. Fungsi alat ini secara umum adalah membantu proses pengambilan udara masuk ke dalam paru – paru kemudian mengeluarkannya. Yang membutuhkan alat ini jelas adalah orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Macam Alat Bantu Pernapasan

1# – Alat Oksigenasi

Yang dimaksud dengan alat oksigenasi di sini adalah beberpa alat yang tergabung menjadi satu kesatuan (instrument) yang berfungsi untuk membantu memberikan asupan oksigen melalui hidung dan mulut pasien. Alat tersebut diantaranya tabung oksigen, selang oksigen, masker oksigen dan regulator oksigen. Alat ini merupakan alat bantu pernapsan yang umum dan digunakan untuk pertolongan pertama.

2# – Ventilator ICU

Untuk alat yang satu ini memang biasanya digunakan di ruang ICU karena vungsinya sangat vital. Ventilator ICU berfungsi untuk menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru dalam proses pernapasan. Biasanya, pasien dengan gangguan pernapasan parah dibantu dengan menggunakan alat tersebut.

3# – CPAP

CPAP (Continuous Positive Air Pressure) yaitu sebuah alat bantu pernapasan yang digunakan untuk penderita syndrome sleep apnea. Apa itu sleep apnea ? yaitu sebuah gangguan saluran pernapasan yang tertutup disaat sedang tertidur. Hal ini karena dinding bagian belakang tenggorokan mengendur sehingga menutup saluran pernapasan. CPAP berfungsi untuk memberikan tekanan udara positif untuk menjaga agar saluran napas tetap terbuka.

4# – Oksigen Concentrator

Fungsinya hampir sama seperti alat oksigenasi. Perbedaanya adalah pada oksigen yang dihasilkan. Oksigen concentrator mengambil dan menghisap udara bebeas disekitarnya kemudian menyaring serta memisahkan O2 dan unsur lainnya yang berbahaya kemudian mengalirkan oksigen murni yang bisa langsung digunakan oleh pasien atau pengguna.

5# – Oksican

Merupakan tabung oksigen portable yang cukup kecil sehingga sangat mudah dibwa kemana – mana. Biasanya alat ini digunakan oleh para penderita asma untuk berjaga – jaga ketika kondisinya sedang memburuk dan membutuhkan bantuan oksigen alam waktu yang cepat.