7 Tips Untuk Mengatur Furnitur Seperti Seorang Profesional

Menata furnitur membutuhkan perhatian pada bentuk dan fungsinya. Anda tidak perlu membeli furnitur baru atau menghabiskan banyak uang untuk barang-barang paling mahal untuk membuat tata letak ruangan yang membuat rumah Anda lebih menarik, ceria, dan ramah pengguna.

Cobalah 7 tips ini untuk meningkatkan ruang tinggal, bekerja, atau bermain di rumah Anda.

1. Lakukan Pengukuran dengan Hati-hati

Lebih mudah mengatur furnitur di atas kertas daripada mengambil dan memindahkan barang asli. Ukur ruangan dan perabot Anda sebelum mulai memindahkan apa pun. Dan kemudian terapkan pengukuran dasar ini, tergantung pada ruangan apa yang Anda desain ulang:

  • Sisakan ruang sekitar 30 inci di antara furnitur jika Anda perlu berjalan-jalan di sekitarnya.
  • Kursi menghadap dan sofa tidak boleh terpisah lebih dari 8 kaki jika Anda ingin mengaktifkan percakapan yang mudah.
  • Sisakan 14 hingga 18 inci antara sofa dan meja kopi Anda agar orang-orang dapat meraih dan meletakkan minuman mereka dengan mudah.
  • Berapa banyak kursi yang harus Anda letakkan di sekitar meja ruang makan Anda? Rencanakan kursi yang lebarnya 20 hingga 24 inci, dan sisakan setidaknya 6 inci ruang di antara mereka.
  • Siapkan meja ruang makan setidaknya 36 inci dari setiap dinding agar para tamu dapat mendorong kursi mereka dengan nyaman atau memindahkannya ke belakang untuk duduk.
  • Biarkan 2 kaki di setiap sisi tempat tidur Anda untuk memudahkan gerakan.

2. Visualisasikan Aliran

Ketika tamu datang ke rumah Anda, apakah mereka tahu belok kanan atau kiri untuk sampai ke area tempat duduk Anda? Apakah mudah untuk berjalan melalui ruangan tanpa tersandung furnitur?

Buat jalur masuk dengan jelas, dan membuatnya mudah untuk bergerak dari area tempat duduk pra-makan malam ke meja ruang makan ke geladak Anda atau di mana pun orang akan berjalan.

3. Buat Titik Fokus

Saat mengatur ruang keluarga atau ruang tamu, buat titik fokus yang menopang ruangan. Ini dapat mencakup perapian, jendela besar, pintu Prancis, area hiburan rumah atau pengaturan tempat duduk.

Apakah Anda akan menggunakan ruangan terutama untuk menonton TV dan bermain game bersama keluarga, atau untuk menghibur teman? Cara Anda menggunakan ruangan akan membantu Anda menentukan titik fokus Anda.

4. Dorong Percakapan

Atur tempat duduk Anda sehingga memudahkan orang untuk berbicara. Sebagai contoh, alih-alih menempatkan dua kursi di seberang sofa menghadap lurus ke depan, miringkan satu sama lain.

5. Tambahkan Asimetri

Jangan terlalu OCD tentang memastikan semuanya cocok dan berbaris. Asimetri terjadi ketika keadaan tidak seimbang, seperti menempatkan dua lilin dengan ketinggian berbeda satu sama lain, atau memasangkan sofa dengan kursi cinta. Anda tidak perlu kursi yang serasi, atau kursi dengan tinggi yang sama, di dekat sofa Anda.

6. Tingkatkan Pengalaman Teater

Saat menyiapkan ruang TV Anda, pikirkan di mana orang akan duduk ketika mereka menonton layar dan jam berapa mereka akan menonton. Menonton siang hari berarti sinar matahari masuk melalui jendela — jangan letakkan layar video menghadapnya.

Melihat malam berarti lampu akan menyala, yang dapat bersinar ke layar. Uji lampu dan penempatan layar sebelum Anda memindahkan alat berat. Jangan letakkan speaker audio di dekat dinding, yang dapat menyerap suara dan menciptakan getaran. Simpan setidaknya 6 inci dari dinding, tirai, dan perabotan.

7. Gunakan karpet

Karpet area dapat membantu Anda menentukan ruang, seperti pengaturan tempat duduk pusat. Pastikan permadani cukup besar sehingga Anda dapat menempatkan semua tempat duduk dan meja sepenuhnya di atas permadani.

For other related informations, please check High End Luxury Furniture