Mengenal Beberapa Peralatan Kesehatan Di Ruang NICU

Tahukah anda ada berapa ruang yang ada di rumah sakit ? Cukup banyak bukan. Salah satu diantara sekian banyak ruang yang ada di rumah sakit yaitu ruang NICU. Apa itu NICU ? NICU adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit. Yaitu sebuah ruangan khusus yang digunakan untuk merawat pasien bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan intensive.

alat medis ruang nicu

Oleh karena fungsinya yang cukup vital ruangan ini memiliki berbagai macam peralatan khusus dan juga secara umum. Mengingat yang dirawat di sini adalah pasien bayi baru lahir, jadi alat – alat yang digunakan kebanyakan alat khusus untuk bayi. Apa saja alat yang ada di ruang NICU ? Berikut in ulasannya.

Alat Medis di Ruang NICU

1# – Inkubator Bayi

Ruang khusus untuk bayi tidak pernah lepas dengan adanya alat ini. Inkubator bayi, yaitu alat inkubasi yang berfungsi untuk meneruskan perawatan bayi yang terlahir secara premature. Memang masing – masing bayi premature tidak sama kondisi kesehatannya. Banyak juga bayi premature yang tidak membutuhkan inkubator bayi. Namun demikian, pihak rumah sakit, hendaknya menyiapkan alat tersebut.

2# – Infant Warmer

Sudah lumrah bayi memiliki gangguan fungsi ketahanan tubuh ketika terlahir belum masanya. Oleh sebab itu di dalam ruang NICU terdapat sebuah alat yang berfungsi untuk menghangatan badan bayi yaitu infant warmer. Alat ini digunakan ketika bayi mengalami hipotermia atau suhu tubuhnya tidak mempu beradaptasi dengan suhu lingkungan sehingga bayi sangat kedinginan.

3# – Lampu Fototerapi

Bayi yang terlahir peramtur rentan sekali dengan penyakit kuning. Penyakit ini disebabkan karena belum sempurnanya fungsi hati, sehingga terjadi penumpukkan kadar bilirubin dalam darah. Inilah yang menyebabkan munculnya pigmen warna kuning pada kulit bayi. Untuk menangani hal ini, salah satu caranya yaitu terapi menggunakan lampu fototerapi agar bilirubin dapat dipecah dan kembali normal dalam darah.

Selain tiga macam alat tersebut, ada banyak lagi alat lainnya yang belum kita sebutkan diataranya seperti alat bantu pernapasan (ventilator), buble cpap, monitor pasien bayi dan yang lainnya. Mungkin ini saja yang bisa kami informasikan untuk anda, semoga bermanfaat !