Taktik Kemendag Pasarkan Produk UKM ke Luar Negeri

 

Pemerintah via Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung para pelaku usaha untuk mengerjakan ekspor dengan memanfaatkan ekonomi komputerisasi, yaitu via e-commerce atau niaga elektronik (niaga-el).

Direktur Kerja sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan mengatakan, niaga-el memberi kemudahan bagi para pelaku usaha yang berkeinginan mengekspor produk-produknya tanpa patut membuka warung di negara tujuan. Dengan metode ini, para pelaku usaha bahkan bisa memasarkan produk-produknya lebih banyak lagi.

Baca Juga: Jual Meja Promosi sebagai penunjang bisnis Anda

Salah satu program yang memfasilitasi para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi komputerisasi, terutamanya niaga-el, yaitu Komputerisasi Handholding Program (DHP). DHP adalah program jasa konsultasi Indonesia di bidang teknologi berita (komputerisasi) yang dilaksanakan oleh LPEI.

Program ini memberikan pendampingan, fasilitasi, dan pemberdayaan bagi pelaku UKM berorientasi ekspor untuk cakap menjual, memperluas jalan masuk pasar, mempromosikan, serta meningkatkan energi saing produk favoritnya di market place global (global niaga-el).

“Dengan meniru program ini, para pelaku usaha dapat mengoptimalkan kapasitas, menerima penasihat bisnis, dan meniru program khusus pelatihan ekspor,” ujar Marolop melalui keterangan tertulis, Rabu (26/6/2019).

Marolop menambahkan, platform daring bisa dimanfaatkan untuk menyiasati keterbatasan anggaran promosi dan pemasaran. Menurutnya, promosi dan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi hakekatnya memberikan profit bagi para pelaku usaha. Tanpa tarif tinggi dan cuma dengan mengaplikasikan jaringan dunia online, pelaku usaha telah dapat menjual produk atau jasa secara luas ke masyarakat.

“Malah, para pelaku usaha bisa memanfaatkan perencanaan sumber energi perusahaan (Enterprice Resource Planning/ERP). ERP adalah metode berita yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur ataupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan progres bisnis yang berkaitan dengan aspek operasi, produksi, ataupun distribusi di perusahaan bersangkutan,” tuturnya.

Baca juga: Raih kemudahan bisnis dengan Meja Promosi

ERP mencakup metode pencatatan, dari mulai transaksi sampai berita lainnya dari sebuah usaha yang bisa diakses secara daring. Kecuali, itu lanjut Maralop, para pelaku usaha juga menerima pelatihan praktis dalam mengerjakan promosi dan solusi bisnis ERP.

Dengan cara lokakarya seperti ini diinginkan para peserta bisa segera mempraktikkan ke dunia kongkrit dan bisa menjadi lebih andal dalam memanfaatkan teknologi komputerisasi, bagus dalam mengerjakan promosi, transaksi, sampai pencarian solusi.

“Bukan cuma bagi para pelaku usaha, profit pemakaian niaga-el juga bisa dinikmati oleh konsumen, masyarakat luas, dan pemerintah. Niaga-el juga menjadi salah satu jalan untuk mengoptimalkan usaha-usaha kecil dan menengah, dan juga memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli,” pungkas Marolop.