Dekorasi Gaya Formal untuk Rumah yang Elegan

Jika Anda menyukai tampilan hotel Ritz-Carlton yang elegan atau gedung-gedung publik seperti Gedung Putih, Anda mungkin tertarik dengan gaya dekorasi formal.

Sementara rumah saat ini biasanya tidak dibangun dengan cetakan alas tiang 18 “, lantai kayu bercorak herringbone yang diukir dengan tangan, atau langit-langit plester yang diukir dan dekorasi dinding, ada elemen gaya dekorasi formal yang dapat ditambahkan ke rumah yang lebih modern.

Simetri dalam Desain Rumah

Salah satu fitur paling menonjol dari ruang interior dan rumah yang didekorasi dengan gaya formal adalah simetri jendela, furnitur, karya seni, dan lantai. Elemen-elemen ini paling sering disusun berpasangan tepat pada sumbu lurus di sekitar ruangan.

Dalam interior gaya formal, titik fokus sentral menarik perhatian. Mungkin jendela gambar yang indah yang menghadap ke halaman rumput yang terawat sempurna. Titik fokus mungkin adalah perapian di tengah dinding terpanjang. Atau titik fokusnya mungkin berupa perabot yang sangat indah.

Fitur Arsitektur

Gaya dekorasi formal paling cocok di rumah dengan langit-langit tinggi, jendela besar dan tinggi, dan fitur arsitektur seperti mantel perapian besar atau dinding berpanel indah.

Karena interior gaya formal didekorasi untuk menarik perhatian, kayu yang sangat halus, cermin berkilau, kain mewah, dan lampu kristal berkilau adalah hal yang biasa. Juga penting adalah perangkat keras jendela dan pintu kuningan yang sangat halus, dan perabot yang unik dan menarik.

Perabotan dan aksesori dalam interior formal seringkali merupakan reproduksi antik atau halus. Kayu yang digunakan pada umumnya gelap dan terlihat kaya, tetapi kayu yang lebih ringan sering digunakan untuk dekorasi. Karpet Oriental yang diimpor menutupi lantai kayu yang dipoles. Karya seni asli sering dibingkai dengan bingkai emas yang diukir dengan tangan. Perlengkapan lampu kristal berkilau di dinding dan menggantung di tengah langit-langit.

Detail dekorasi gaya formal adalah:

Pasang perabot dan aksesori
Kayu, kain, dan logam mengkilap
Jendela tinggi dengan penutup yang rumit
Perabotan dan aksesori antik
Lukisan minyak asli dan litograf
Karpet Persia dan Karpet Oriental
Lampu gantung dan lampu dari kristal atau kuningan
Trims dekoratif jumbai dan pinggiran
Detail ukiran untuk perabotan kayu
Tentu saja, hanya karena Anda menyukai tampilan interior formal tidak berarti bahwa itu akan sesuai dengan rumah atau gaya hidup Anda.

Buat Rumah Formal untuk Hidup Hari Ini

Lembutkan furnitur yang dilapis rapat dengan bantal dekoratif dan nyaman.
Pilih kain tahan lama yang tampak subur sebagai pengganti sutra dan beludru.
Menampilkan satu atau dua potong formal yang tidak nyaman, tetapi letakkan furnitur yang lebih praktis di sekitar ruangan untuk penggunaan sehari-hari.
Masukkan trim formal dan pinggiran pada furnitur berlapis yang masuk akal, bantal yang nyaman, tirai, dan valances.

Tambahkan ruffles dan jumbai pada aksesoris seperti taplak meja dan meja pelari, tetapi buatlah dari kain yang mudah dibersihkan.
Alih-alih mencari potongan yang cocok untuk menciptakan ruang simetris sempurna, temukan potongan yang serupa dalam ukuran, kepadatan, dan gaya.
Atau atur furnitur untuk tampilan formal dengan memiliki sepasang kursi, sepasang meja, dan sepasang lampu. Atur mereka di kedua sisi sofa, jendela gambar, lemari, atau karya seni yang dominan.

Teknik melukis dekoratif dapat meniru tampilan dinding sutra berlapis dan jauh lebih praktis.
Mebel kayu (barang-barang dari kayu) biasanya berwarna gelap. Mahoni, kenari, dan kayu ek, serta kayu keras eksotis, digunakan untuk butiran halus dan tampilan yang elegan. Potongan-potongan furnitur kayu dipoles hingga bersinar tinggi. Untuk rumah yang aktif, gunakan beberapa lapisan pernis atau poliuretan untuk menghasilkan lapisan yang tahan lama.

Tatahan kayu dan marquetry, ornamen berdaun emas, dan perangkat keras dari kuningan yang dipoles adalah ciri khas dari potongan formal. Dapatkan tampilan ukiran tangan dengan menerapkan potongan dekoratif die-cut pada furnitur. Periode atau potongan reproduksi mungkin memiliki trim kulit atau atasan marmer.

Jangan Lupa Aksesori dan Sentuhan Khusus

Banyak interior formal memiliki cermin berukir yang tergantung berpasangan. Mereka membantu mendefinisikan ruang dan memperbesar perasaan visual ruang. Alih-alih membalikkan emas, sorot detail dengan cat emas mengkilap.
Perabotan dan aksesori harus terlihat seolah-olah dihiasi dengan aksen ukiran tangan dan daun emas atau perak.

Barang-barang lembut seperti pelapis, bantal, dan perawatan jendela yang terbuat dari kain yang masuk akal dapat dihiasi dengan hiasan. Aksen jumbai sudut bantal dan tirai kain, pinggiran sering digunakan pada bagian bawah potongan kain, dan banyak kain bermotif dari tekstur dan tenun yang berbeda digunakan bersama-sama.

Dengan hanya menambahkan deretan poni enam inci ke bagian bawah sofa berwarna polos, Anda akan memiliki tampilan yang lebih formal.
Di tempat sutra, beludru, atau satin, pilih kain sintetis, bisa dicuci untuk perawatan jendela.

Jendela-jendela berbusana formal biasanya memiliki tirai ke lantai dengan garis kontras di atasnya dengan kelambu atau kotak cornice dengan proporsi sempurna.
Perlengkapan pencahayaan dari kristal atau kuningan dengan nuansa sutra halus membuat tampilan formal.

Lampu gantung yang murah bisa dicat dengan cat semprot untuk mendapatkan tampilan metalik yang diinginkan. Chandelier terlihat elegan dan formal di ruang tamu besar, ruang makan formal, kamar tidur, atau ruang bedak kecil.
Asesoris dekoratif digunakan untuk menambah tampilan formal pada sebuah ruangan.

Pilih logam mengkilap, piring, dan vas dari porselen atau porselen, atau buku-buku yang terbuat dari kulit. Pasang asesoris membawa simetri dekorasi.
Tanaman dan bunga asli atau buatan, ditempatkan dalam wadah yang menarik dan elegan, menambah tekstur dan warna pada interior formal.

Ruang makan adalah tempat yang sempurna untuk memperkenalkan tampilan formal. Pilih dari berbagai macam Cina, kristal, dan perak yang elegan dan indah. Piring makan sederhana berpita emas yang diletakkan di atas linen elegan dengan sendok garpu perak berkilau dan tangkai kristal potongan yang cantik menciptakan suasana formal yang sempurna untuk bersantap.

Jika Anda menyukai gaya formal yang tepat dan teratur, temukan cara untuk memasukkannya ke dalam rumah Anda. Namun, jika Anda kurang menyukai tampilan formal, Anda mungkin lebih suka gaya kasual.

For other related informations, please checkĀ High End Luxury Furniture