4 Cara Aman dan Sehat untuk Memutihkan Kulit

Cara Aman dan Sehat untuk Memutihkan Kulit

4 Cara Aman dan Sehat untuk Memutihkan Kulit – Setiap orang dilahirkan dengan jenis dan warna kulit yang berbeda, yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Beberapa orang terlahir dengan warna putih, kuning lurus, cokelat, hingga hitam. Semua warna ini ditentukan oleh sel yang disebut melanin.

Cara sehat dan aman untuk memutihkan kulit

Memutihkan kulit yang aman bukan dengan tidak mengubah warna menjadi lebih putih, melainkan membuat kulit terlihat lebih cerah, lebih sehat dan lebih berkilau. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk memutihkan kulit yang aman.

  1. Makan makanan yang tinggi antioksidan

Antioksidan tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh manusia, terutama bagi kulit. Antioksidan dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak kualitas kulit, salah satunya dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

  1. Konsumsi air yang cukup

Sekitar dua pertiga tubuh mengandung cairan, yang membuat air memainkan peran penting dalam tubuh agar berfungsi optimal. Semua sel di organ tubuh membutuhkan air, termasuk kulit. Air dapat membuat kulit tetap lembab sehingga kulit tidak terlihat kusam.

Bagaimana Cara Memutihkan Kulit dengan Sehat dan Aman?

Konsumsi air yang cukup dapat membuat kulit terlihat cerah, halus, kenyal dan sehat. Mengkonsumsi setidaknya 2 liter air sehari dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus melembabkannya.

  1. Selalu gunakan pelembab

Kelembaban bisa hilang saat Anda melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. Pendinginan udara terus menerus di sekitar Anda juga dapat membuat wajah Anda kering dan kusam. Menggunakan pelembab dapat membantu kulit mengunci minyak agar tetap lembab.

  1. Penggunaan tabir surya itu penting

Sinar matahari bisa membuat kulit Anda terlihat lebih kusam. Gunakan tabir surya setiap pagi dan sore hari untuk menghindari dan menangkal paparan sinar UV yang dapat membuat kulit kusam.

Empat cara untuk memutihkan kulit yang baru saja dijelaskan di atas dapat dengan mudah diterapkan setiap hari. Pada dasarnya pemutihan kulit dengan mengganggu aktivitas melanin dalam tubuh tidak direkomendasikan oleh dunia medis. Karena itu, selain menggunakan produk atau melakukan prosedur tertentu untuk memutihkan kulit, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk evaluasi dan perawatan yang optimal.