Profil & Fakta BTS, Grup K-Pop yang Mendunia

Profil & Fakta BTS, Grup K-Pop yang Mendunia

Profil & Fakta BTS – Pendengar musik pasti pernah mendengar nama ini: BTS. Ya, grup yang beranggotakan tujuh orang ini adalah satu dari sedikit grup idola K-Pop yang berhasil merambah ke industri musik internasional.

BTS, yang juga memiliki nama lain Beyond The Scene atau Bulletproof Boy Scouts, berada di bawah naungan agensi Big Hit Entertainment. Grup ini debut di Korea Selatan pada 13 Juni 2013 dengan lagu berjudul No More Dream.

Berikut adalah sekilas profil dan fakta menarik dari tujuh anggota BTS.

1. RM

RM dilahirkan dengan nama asli Kim Nam-joon di Ilsan, Gyeonggi, Korea Selatan, 12 September 1994. Dia mengganti namanya dari Rap Monster atau Rapmon menjadi RM, sebuah singkatan dari “Real Me”. RM sempat mengenyam pendidikan di Selandia Baru selama 6 bulan. Ia lancar berbicara dalam bahasa Inggris lewat belajar secara otodidak. RM mengaku sebagai seorang atheis.

Selain sebagai leader, RM adalah main rapper dan produser di BTS. Sebelum tergabung dalam BTS, RM adalah underground rapper dengan nama panggung Runch Randa. Ia banyak memproduksi dan menulis lagu untuk BTS maupun untuk dirilis secara solo. RM telah memproduksi lebih dari 100 lagu dan berkolaborasi dengan produser dan penyanyi mancanegara.

2. Jin

Jin lahir dengan nama Kim Seok-jin di Anyang, Korea Selatan pada 4 Desember 1992. Ia adalah anak bungsu dari dua bersaudara dengan seorang kakak laki-laki. Pendidikan terakhirnya yaitu Jurusan Film Universitas Konkuk dan program S2 Hanyang Cyber University.

Jin adalah anggota tertua dan vokalis dari BTS. Ia juga semakin dikenal karena penampilan fisiknya yang menarik dan mendapat peringkat 47 dalam “The 100 Most Handsome Faces of 2018” versi TC Candler. Ia mendapat julukan “Madnae” karena suka bertingkah seperti seorang maknae.

3. Suga

Min Yoon-gi, dengan nama panggung Suga, lahir di Buk-gu, Daegu, Korea Selatan pada 9 Maret 1993. Seperti Jin, Suga memiliki seorang kakak laki-laki. Pendidikan terakhirnya adalah Jurusan Liberal Arts di Global Cyber University.

Dalam BTS, Suga menduduki posisi lead rapper. Beberapa panutannya adalah rapper Kanye West dan Lil Wayne. Seperti RM, Suga juga banyak memproduksi lagu sendiri bahkan sejak usianya 13 tahun. Ia juga pernah tergabung sebagai underground rapper dalam grup bernama D-Town. Nama alias “Agust D” digunakan Suga untuk berbagai proyek solonya.

Ketika libur, Suga lebih suka tidak melakukan apapun sehingga dia mendapat julukan “Motionless Min”. Selain itu ia juga dijuluki “Kakek” karena perangainya yang mudah mengeluh dan menasehati anggota BTS lainnya.

4. J-Hope

J-Hope adalah nama panggung dari Jung Ho-seok. Ia lahir di Gwangju, Korea Selatan pada 18 Februari 1994 dan merupakan anak bungsu dari dua bersaudara dengan satu kakak perempuan.

Sebelum bergabung dalam Big Hit Entertainment, ia sempat mengikuti audisi JYP Entertainment dan mendapatkan Popularity Award. Ia juga bagian dari tim street dance NEURON dan tampil di berbagai festival.

J-Hope adalah main dancer BTS dan banyak memproduksi maupun membuat lagu sendiri. Dia merilis mixtape pertamanya, Hope World, pada 2 maret 2018 dengan lagu titel Daydream. Ia juga sempat tampil di video klip Drake yang berjudul In My Feelings.

5. Jimin

Park Ji-min lahir di Busan, Korea Selatan sebagai anak sulung. Ia lahir pada 13 Oktober 1995 dan memiliki seorang adik laki-laki. Jimin menempuh pendidikan program S1 di Global Cyber University jurusan teater dan film. Selama bersekolah, Jimin adalah murid teladan dan menjadi ketua kelas selama 9 tahun berturut-turut.

Jimin adalah main dancer dan lead vocalist BTS. Ia tertarik untuk memiliki karir bernyanyi setelah menonton penampilan Rain.

Jimin sempat depresi karena tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya. Ia tidak menyukai pipinya dan menganggap dirinya gemuk, sehingga ia melakukan diet berlebihan. Jin kemudian membantunya kembali sehat dengan makan secara rutin.

6. V

V lahir di Daegu, Korea Selatan dengan nama lengkap Kim Tae-hyung. Ia memilih nama panggung “V” yang berarti “victory”. Ia lahir pada 30 December 1995 dan merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Masing-masing adiknya adalah seorang perempuan dan seorang laki-laki.

Dalam BTS, V menempati posisi lead dancer, vocalist, sekaligus visual. DI luar itu, V juga menjadi pemeran pendukung dalam drama sejarah KBS2 berjudul Hwarang. Tidak heran jika dia memiliki teman-teman dari kalangan aktor, seperti Park Bo-gum.

Menurut RM, V adalah anggota ke dua yang fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu, V juga lancar berbicara dalam bahasa Jepang.

7. Jungkook

Jeon Jeong-guk dilahirkan di Busan, Korea Selatan pada 1 September 1997 sebagai anak bungsu dari dua bersaudara dengan seorang kakak laki-laki. Dia merupakan salah satu lulusan dari Seoul School of Performing Arts.

Usia yang muda menjadikannya maknae di BTS. Meskipun maknae, Jungkook adalah vokalis utama, lead dancer, subrapper, dan center BTS. Jungkook memutuskan bergabung dengan Big Hit Entertainment setelah secara tidak sengaja melihat rap RM.

Sebelum debut sebagai BTS, Jungkook adalah seorang atlet handball dan memiliki sabuk hitam taekwondo. Ketika SMP, Jungkook sempat mengikuti audisi Superstar K dengan menyanyikan lagu Lost Child milik IU dan tereliminasi.

Sebagai representatif musik K-Pop di mata internasional, BTS telah menorehkan berbagai prestasi. Penggemar BTS memiliki nama resmi A.R.M.Y, yang merupakan akronim dari “Adorable Representative MC for Youth”.

Setelah mengenal ketujuh anggota BTS, apakah kamu jadi bagian dari A.R.M.Y juga?