Buka Puasa di Lombok? Coba 3 Minuman Menyegarkan Khas Lombok Ini Ya!

Indonesia memang sangat cocok dengan sebutan Negara yang kaya, bukan kaya dari segi finansial, namun kaya akan budaya, kaya akan alamnya dan kaya akan citarasa kulinernya.

Sehingga siapa saja wisatawan dari luar Indonesia yang datang ke Indonesia pasti akan merasakan betapa kayanya Indonesia meski hanya sebentar saja berada di Indonesia.

Itulah mengapa sebenarnya sebagai masyarakat Indonesia harus berbangga dan terus melestarikan berbagai macam kepunyaan Indonesia yang harus terus diwariskan kepada generasi sehingga tidak akan lekang dimakan waktu.

Ada banyak sekali tak terhitung jumlahnya berbagai kebudayaan dan warisan Indonesia yang hampir punah karena mulai sedikit yang melestarikan serta memperhatikannya.

Mengenai kulinernya yang biasanya dibicarakan banyak orang adalah mengenai makanan khas dari berbagai daerah, namun sebenarnya dalam hal kuliner maka tidak hanya makanan khas saja yang bisa dibicarakan.

Sebab ada juga banyak minuman khas dari berbagai daerah yang lezat dan bisa Kalian coba buat di rumah sebagai minuman yang segar untuk berbagai situasi.

Terutama pada bulan puasa biasanya Kalian akan sering menyuguhkan minuman menyegarkan untuk diminum saat berbuka puasa, nah berbagai minuman menyegarkan dari berbagai daerah di Indonesia bisa mulai satu persatu Kalian coba sebagai menu berbuka puasa.

Kali ini yang akan dibahas adalah berbagai minuman menyegarkan khas Lombok.
Pernahkah Kalian mendengar tentang daerah Lombok?

Lombok adalah salah satu pulau yang masih berada dalam kawasan kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara.

Di bagian Barat dari Pulau Lombok ini berbatasan dengan Pulau Bali yang terpisah dengan Selat Lombok dan di sebelah bagian timurnya berbatasan dengan Sumbawa.

Karena masih merupakan kawasan yang bersisian dengan Pulau Bali maka dari itu Pulau Lombok juga memiliki keindahan yang hampir setara dengan Pulau Bali.

Oleh karena itulah banyak wisatawan yang datang ke Bali juga menyempatkan diri untuk datang ke Pulau Lombok.

Selain keindahan alamnya, Pulau Lombok juga memiliki citarasa kuliner yang beraneka ragam, salah satunya Pulau Lombok juga memiliki minuman yang segar khas daerah tersebut.

Es Sarang Burung

Es Sarang Burung

Mendengar namanya yang unik mungkin Kalian akan berpikiran bahwa minuman itu terbuat dari sarang burung. Namun sebenarnya minuman yang menyegarkan khas Lombok ini sama sekali tidak berkaitan dengan sarang burung pada proses pembuatannya.

Bahan-bahannya adalah bahan-bahan yang mudah Kalian dapatkan dimana saja, sehingga meski Kalian tidak berada di Lombok Kalian tetap dapat membuat minuman yang segar ini karena bahannya mudah didapat dimana saja Kalian berada.

Es sarang burung ini adalah minuman menyegarkan yang terdiri dari agar-agar, buah leci, sirup leci dan es batu atau es serut juga bisa.

Agar-agar yang Kalian gunakan juga sebaiknya agar-agar putih, pada saat Kalian hendak menyusunnya ke dalam minuman ini maka agar-agar itu nantinya bisa Kalian parut atau jika sulit bisa dipotong secara memanjang hingga bentuknya menjadi seperti potongan kelapa muda.

Rasanya segar manis dan asam, sangat cocok untuk menyegarkan diri di hari yang panas. Di Lombok minuman yang segar ini juga cukup popular pada bulan puasa.

Karena cara dan bahannya yang mudah maka Kalian tentu bisa membuatnya bukan?

BACA JUGA: 7 Cara Mencari Tujuan Hidup Saat Kebingungan

Tuak Manis

Tuak Manis

Minuman ini adalah minuman yang segar dan sangat khas dari Lombok. Minuman ini tidak bisa dibuat dengan mudah seperti es sarang burung yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sebab untuk dapat menghasilkan minuman ini maka Kalian akan membutuhkan Pohon Enau yang akan dapat menghasilkan air tuak manis ini untuk dapat membuatnya.

Karena merupakan hasil alami dari pohon maka tentunya Kalian tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Pohon Enau paling banyak ditemukan di Lombok Barat, di sanalah yang juga merupakan daerah penghasil tuak manis terbesar.

Tuak manis yang dihasilkan dari pohon enau ini bisa disadap setiap 3 hari sekali, warna putih kecoklatan dengan rasa manis segar.

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang sangat alami maka minuman menyegarkan khas Lombok ini juga sangat menyehatkan bagi tubuh.

Dikatakan bahwa minuman yang segar ini bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk salah satunya kencing manis.

BACA JUGA: Manfaat Makan Sawo Bagi Kesehatan

Es Palu Butung

Es Palu Butung

Es Palu Butung ini penampilannya mirip penampilan es pisang ijo, namun dalam pembuatannya pisang yang digunakan pada es palu butung ini tidak dilapisi dengan tepung.

Untuk membuat es palu butung ini maka Kalian membutuhkan buah pisang raja, kemudian sirup merah rasa cocopandan, santan dan tepung beras.

Agar rasanya bisa lebih manis Kalian bisa menambahkan gula pasir dan agar aromanya bisa menjadi bertambah wangi maka Kalian bisa menambahkan daun pandan pada saat merebus santannya.

Pada saat cuaca sedang panas maka akan sangat cocok untuk menyajikan minuman menyegarkan khas Lombok bernama es palu butung ini. Bisa dicoba di rumah.

Yuk siapkan minuman menyegarkan khas Lombok untuk berbuka puasa nanti di rumah bersama keluarga atau pilih terbang langsung ke Lombok untuk mencobanya langsung 🙂

Sumber: Islamiyyah.net