Inilah Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Makan Seharian

Seringkali karena kesibukan yang padat, membuat seseorang lupa makan hingga seharian. Padahal makan menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh tubuh, sama halnya dengan tidur. Manusia membutuhkan asupan makanan yang tepat setiap harinya.

Meski tubuh tidak langsung merasakan dampak dikarenakan tidak mendapatkan asupan makanan, namun sebenarnya ada banyak hal yang terjadi jika tubuh tidak makan seharian.

Lantas apa saja yang akan terjadi dan apa dampak negatifnya bagi tubuh? Simak di bawah ini penjelasan lengkapnya ya.

Proses Pengolahan Makanan

Tubuh akan terus mencerna asupan makanan terakhir yang tubuh kita makan selama 8 jam pertama. Tubuh juga akan menggunakan karbohidrat yang disimpan sebagai energi untuk menggerakkan otak, jaringan otot dan juga sel darah merah.

Sehingga jika selama delapan jam tubuh tidak makan, maka glukosa akan habis.

Menggunakan Lemak untuk Menghasilkan Energi

Jika glukosa telah habis maka tubuh akan memecahkan lemak yang tersimpan di dalam tubuh untuk akhirnya diubah menjadi energi, sehingga jika tidak makan seharian penuh maka tubuh pun akan terus menggunakan cadangan lemak untuk menghasilkan energi.

Meski dapat mengambil simpanan lemak untuk menghasilkan tenaga, namun akan berbahaya karena ada beberapa anggota tubuh yang tidak dapat bekerja dengan baik apabila mendapatkan energi dari lemak.

Contohnya seperti otak.

Menggunakan Protein sebagai Bahan Bakar Penghasil Energi

Jika otak tidak segera mendapatkan asupan makan maka tubuh akan menggunakan protein di dalam tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar dalam menghasilkan energi. Protein ini juga diambil dari jaringan otot.

Dampak

Sehingga jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan segera maka jaringan otot akan semakin mengecil dan menyusut. Dampak lain yang dapat terjadi adalah gejala aritmia jantung atau irama jantung yang tidak beraturan, berkurangnya kadar gula dalam tubuh dan hipoglikemia, jika tubuh sering tidak makan seharian hingga dua kali dalam seminggu.

Sehingga makan secara teratur menjadi salah satu hal yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh tubuh kita.