Mengukur Kemampuan Berbahasa Jepang

Apakah mengukur kemampuan berbahasa jepang itu penting?
Untuk orang yang ingin bisa berbahasa jepang tentu saja hal itu merupakan hal yang penting.

Mengetahui sudah sampai mana kemampuan yang dimiliki akan menunjukkan seberapa jauh lagi posisi kita sampai pada tujuan yang diinginkan.

Apa tujuannya? Setiap orang berbeda-beda.

Mengukur Kemampuan Berbahasa Jepang

Ada yang ingin pintar bahasa jepang karena akan bekerja di sana. Ada yang mau untuk main-main saja. Ada pula yang ingin mengerti film jepang yang ditontonnya.

Menurut pengalamanku, seseorang bisa berbahasa jepang itu bisa dibagi kedalam beberapa kelompok.

1. Sudah bisa hiragana dan katakana atau belum?
2. Sudah bisa membaca atau menulis kanji atau belum?
3. Sudah berapa banyak kosakata bahasa jepang nya?
4. Sudah benar belum penggunaan grammar atau tata bahasa jepang nya?

Untuk yang masih belajar, silahkan lihat ke empat kelompok di atas. Sudah sampai mana posisi kemampuanmu?

Oiya, jangan sampai tulisan ini membuatmu terburu-buru dalam belajar yah. Nikmati proses belajarmu, bagi waktumu dengan betul. Setiap hari, mau berapa banyak waktu yang dipergunakan tuk bahasa jepang. Akhiri setiap sesi dengan sedikit tes untuk mengetahui penguasaanmu terhadap materi yang telah dipelajari.

Jika kamu baru saja memulai belajar mandiri bahasa jepang dengan otodidak, coba mampir di website ini weihome gakuen. Dihalaman tersebut kan kamu temukan pelajaran bahasa jepang yang cukup lengkap.

Untuk pemula baiknya kamu bagi lagi 4 kelompok di atas ke pecahan yang lebih kecil. Misalnya, ketika kamu belajar hiragana jangan kamu langsung ukur 71 huruf sekaligus. Nanti sakit kepalamu. Cobalah batasi dengan misalnya menghapal 10 karakter perhari saja dulu. Dengan jalan ini nanti kamu lebih nikmati proses belajarmu sekaligus hasil belajarnya akan lebih nempel.

Lakukan proses ini secara berulang sehari hari. Untuk kanji, kamu gak perlu pelajari semuanya, sesuaikan saja dengan bidang yang minati.

Misalkan kamu mau bekerja di kantoran, maka hapalkanlah kanji-kanji yang sering muncul di dunia perkantoran. Dengan cara ini kamu akan jauh lebih cepat fasih bahasa jepang dalam bidang yang kamu kerjakan. Dengan kata lain bahasa jepang yang kamu kuasai akan sering dipergunakan dalam kehidupan sehari-harimu.