Menilik Keindahan Batik Nusantara Di  Museum Batik Danar Hadi

Paket Wisata Jogja Murah

 

Kota Surakarta penuh dengan destinasi wisata yang beraneka macam ragam mulai dari wisata budaya, sejarah, dan juga kerajinan. Salah satu wisata yang mengabungkan budaya, sejarah dan juga seni kerajinan adalah Museum Batik Danar Hadi atau biasa disebut House of Danar Hadi. Museum ini adalah sebuah museum yang berada di Solo yang berisikan berbagai macam koleksi batik dari masa ke masa. Museum ini di dirikan oleh PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008 yang mana  mengkhususkan pada batik dan semua hal yang berhubungan dengan batik.

Museum Danar Hadi berdiri disebuah bangunan bergaya Eropa yang merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Kota Solo yaitu Ndalem Wuryaningratan. Dipilihnya bangunan tersebut sekaligus untuk mempertahankannya dari kerusakan karena lama tidak dirawat oleh sang pemilik sehingga rusak dan kumuh.

Si museum ini terdapat berbagai macam koleksi batik dan juga alat-alat untuk membatik serta sejarah mengenai batik. Untuk koleksi batik sendiri terdapat lebih dari 10.000 helai batik yang mana diakui oleh Museum Rekor Indonesia sebagai koleksi batik terbanyak di Indonesia. Batik yang menjadi koleksi berasal dari berbagai macam daerah dengan berbagai macam pola. Salah satu koleksi terpenting adalah sebuah batik yang terpengaruh budaya Eropa dan dibuat oleh orang-orang Belanda.

Wisatawan yang datang ke lokasi ini bisa menyaksikan banyak hal mulai dari koleksi batik, melihat proses pembuatan batik hingga bisa menikmati sajian makanan yang dijual di cafe yang ada di museum ini.

Lokasi Taman Museum Museum Batik Danar Hadi:

Museum Batik Danar Hadi berlokasi dekat dengan Keraton Surakarta tepatnya Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Kecamatan Sriwedari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya berada di pusat Kota Solo dan merupakan kawasan penghsil batik terbaik di Solo. Wisatawan tidak akan kesulitan mencarinya karena aksesnya gampang dan bisa dilewati berbagai macam kendaraan. Bagi mereka yang sedang paket wisata Jogja murah dan ingin melihat koleksi batik bisa berkunjung ke tempat ini dan rental bus di Jogja jika berkunjung dalam jumlah besar.

Tiket dan Jam Buka Museum Batik Danar Hadi:

Objek wisata ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya museum mulai pukul 09:00 hingga 16:30 WIB. Tiket masuk kawasan ini Rp. 35.000,- per orang untuk wisatawan umum. Sedangkan untuk pelajar atau mahasiswa akan dikenai tiket sebesar Rp. 15.000,-

Tips Wisata Museum Batik Danar Hadi:

  1. Pakailah busana yang nyaman untuk kegiatan dalam ruangan.
  2. Gunakan sepatu atau sandal yang nyaman.
  3. Abadikan setiap momen penting di tempat ini.
  4. Jangan merusak koleksi yang ada di museum.
  5. Jagalah kebersihan kawasan museum.