Cara Memelihara ikan arwana di dalam aquarium

Cara Memelihara ikan arwana di dalam aquarium

Cara Memelihara ikan arwana di dalam aquarium – Dalam ilmu peternakan tentunya sudak kenal dengan ikan arwana bukan?. Dragon fish atau ikan arwana memiliki arti tersendiri bagi orang-orang yang percaya akan mitos, bahwa ikan arwana adalah titisan naga dari seorang dewi kahyangan yang dipercaya membawa hoki bagi yang empunya.

Kali ini saya tidak akan membahas soal legenda dari ikan arwana ya gays. Melainkan bagaimana cara merawat ikan arwana tersebut, karena banyak orang yang mulai memelihara ikan tersebut entah karena mitosnya atau memang karena mereka penggemar ikan. Berikut adalah cara memelihara ikan arwana dalam akuarium.

  1. Persiapkan tempat untuk ikan

Tempat hidup ikan juga memerlukan peralatan yang cukup agar bisa menunjang atau membuat ikan menjadi lebih tenang, berikut adalah peralatan yang perlu anda siapkan :

  • Aerator, alat ini berfungsi untuk memberikan udara dan menambah oksigen dalam air
  • Heater dan termomether, alat ini berfungsi untuk mensterilkan atau menormalkan suhu dalam air disaat suhu sedang mengalami penurunan
  • Filter, alat ini berfungsi untuk memfilter atau menyaring kotoran dalam air sehingga air didalam akuarium tetap bersih
  • Lampu, alat ini berfungsi untuk penerangan
  1. Makanan yang sesuai

Pemberian makan yang sesuai sangat penting karena bisa berdampak pada kelangsungan hidup ikan tersebut. Pemberian makan ikan ini biasanya dua kali sehari yakni pagi dan sore. Berikut adalah daftar makanan untuk ikan arwana:

  • Anakan arwana : cacing sutra, artemia, cacing darah dan kutu air
  • Ikan arwana remaja : ikan kecil, serangga, anakan katak serta cacing beku
  • Ikan arwana dewasa : cacing darah beku, jangkrik, udang, belalang, lipan/ kelabang, pelet khusus arwana, ulat jerman.
  1. Perhatikan kondisi akuarium

Kondisi akuarium juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan ikan. Suhu yang baik sekitar 25 sampai 27°C serta untuk Ph normal sekitar 6 sampai 8. Apabila Ph kurang dari normal bisa dicampurkan kapur. Penggantian air bisa dilakukan 2 tahapan yakni mengganti setiap dua kali sehari sebanyak 1/10 dari air. Dan penggantian seluruhnya setiap 3 bulan sekali

  1. Mendekorasi akuarium

Buat aqurium sebagus mungkin dan semirip mungkin dengan habitat dari ikan arwana tersebut.

Itulah sedikit info tentang cara merawat ikan arwana di aquarium yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang memulaimemelihara ikan arwana dirumah ataupun untuk yang sekedar mencari info.